Selasa, 24 Januari 2012

Teknologi terhadap trend

Perkembangan jaman yang kian mencapai titik puncak kemegahan seolah menuntut para pelaku peradaban untuk mengasah kemampuan dan keahlian di bidangnya masing-masing. Seiring dengan itu, pendidikan menjadi perlambang tingkat kemajuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, logikanya dianggap menguasai seperangkat ilmu yang benar-benar mampu menghantarkan pada kemajuan. Berbagai macam varian hasil pemikiran manusia kini telah membombardir dunia persilatan yang banyak didiami oleh para pakar teknologi.

Produk teknologi dengan pernak-perniknya dari tingkat paling sederhana hingga paling mutakhir modern menghiasi jagad manusia. Tak heran pada titik dimana kemajuan itu berlangsung dan berproses menuju kondisi serba canggih, persoalan pun bermunculan. Sampah teknologi saat ini telah menjadi masalah baru dalam kehidupan manusia modern. Awalnya orang berpikir untuk menghasilkan peralatan yang dianggap akan membantu aktivitas manusia. Ketika kebutuhan tersebut terpenuhi, hasrat manusia yang memiliki sifat tidak puas dengan kondisi yang ada menyebabkan timbulnya upaya baru untuk menghasilkan jenis peralatan baru yang lebih berkualitas. 

Trend yang muncul belakangan adalah manusia yang tidak puas atas apa yang dimilikinya. Para peneliti dan para pakar teknologi yang melakukan riset dalam rangka mencari solusi agar dapat meringankan pekerjaan manusia senantiasa berinovasi dan berlomba-lomba memenuhi kebutuhan akan trend yang telah menggejala di masyarakat. Hasil riset teknologi yang berkembang dan menjadi produk komersil selalu menjadi serbuan oleh para pengejar trend.

Sebenarnya, tidak ada yang salah ketika upaya modernisasi digalakkan di tengah-tengah masyarakat. Namun aspek kemanfaatan barangkali dalam hal ini perlu dikaji lebih jauh agar produk teknologi yang dihasilkan tidak menjadi barang mubadzir dan berpotesi menimbulkan masalah baru ke depannya. Pendidikan yang berwawasan lingkungan dengan sudut pandang kearifan memelihara kondisi alam menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Dengan demikian produk teknologi yang berhasil dikembangkan oleh para pakar teknologi tidak berdampak buruk dan tidak mengancam eksistensi manusia ke depannya. 

....sebatas coretan .... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar